open access

Abstract

Dalam upaya peningkatan kinerja mandor harus didasarkan pada visi, misi dan srtategi yang tepat. Oleh karena itu pemantauan terhadap kinerja mandor menjadi sangat penting. Melihat permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Mandor Terhadap Kualitas Pekerjaan dan mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhinya, serta menentukan strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja mandor tersebut.

Metodologi analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda terhadap jawaban dari kuesioner yang disebarkan kepada 48 responden dari pihak owner, kontraktor dan konsultan pengawas yang terlibat langsung dalam pelaksanaan proyek-proyek pembangunan gedung di Kabupaten Malang pada tahun anggaran 2013.

Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja mandor terhadap kualitas pekerjaan secara signifikan adalah motivasi, keterampilan, pengalaman dan kecakapan. faktor yang paling dominan adalah faktor kecakapan. strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja mandor pada pekerjaan pembangunan gedung di kabupaten malang adalah mandor harus selalu menjaga dan meningkatkan kemampuan dalam mengngoorganisasikan antar tenaga kerja, alat kerja dan bahan-bahan bangunan serta mampu menerjemahkan setiap arahan kontraktor dan mampu berkomunikasi dengan baik guna memperlancar pekerjaan.