open access

Abstract

Pelaksanaan pekerjaan proyek-proyek Pembangunan Pasar Semi Modern di Kabupaten Malang pada tahun anggaran 2012 dan 2013 banyak mengalami keterlambatan waktu pelaksanaan yang diperkirakan rata-rata mencapai 12%  dari jaduwal yang sudah ditentukan. Melihat permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan waktu pelaksanaan dan mengetahui faktor yang paling dominan, serta strategi untuk mengatasinya.

Metodologi analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda terhadap jawaban dari kuesioner yang disebarkan kepada 52 responden dari pihak Owner, Kontraktor dan Konsultan Pengawas yang terlibat langsung dalam pelaksanaan proyek-proyek Pembangunan Pasar Semi Modern di Kabupaten Malang pada tahun anggaran 2012 dan 2013.

Berdasarkan hasil penelitian, dengan uji F didapatkan bahwa secara simultan faktor Lingkungan Kerja, Material, Peralatan, Tenaga Kerja, Metode Pelaksanaan Pekerjaan, Metode Penjadwalan Pekerjaan, Biaya dan Koordinasi dan Komunikasi Antar Stakeholder berpengaruh secara simultan terhadap Keterlambatan Waktu Pelaksanaan. Namun berdasarkan Uji t secara parsial faktor-faktor yang mempengaruhi secara signifikan terhadap Keterlambatan Waktu Pelaksanaan adalah faktor Peralatan, Metode Pelaksanaan Pekerjaan, Metode Penjadwalan Pekerjaan dan Koordinasi dan Komunikasi Antar Stakeholder. Faktor yang paling dominan adalah faktor Koordinasi dan Komunikasi Antar Stakeholder. Strategi untuk mengatasinya adalah Sebelum dimulainya pekerjaan sebaiknya terlebih dahulu adanya  kesepakatan antar stakeholder mengenai jumlah pedagang yang akan ditampung dan dimensi/ukuran kios nantinya.