open access

Abstract

Dalam Daftar Usulan Rencana Proyek (DURP), kenyataan di lapangan menunjukan bahwa ada beberapa ketidaksesuaian antara keadaan asli di lapangan dengan usulan-usalan yang disampaikan ke rencana pembangunan daerah, baik dari segi teknis maupun dari segi kebutuhan masyarakat sekitar. Dalam hal ini, adanya celah dalam proses penentuan pemilihan atas jenis struktur perkerasan jalan.Demikian pula ada pertimbangan kriteria-kriteria perencanaan yang berbeda-beda setiap daerah dan perilaku tertentu yang tidak menutup kemungkinan berpengaruh dalam menetapkan alternatif jenis perkerasan jalan.

Studi ini bertujuan untuk menganalisa pendekatanmetode ilmiah yang dapat digunakan sebagai bahan untuk memutuskan perencanaan jenis perkerasan jalan, sehingga dapat mengurangi unsur subyektivitas para pengambil kebijakan.Salah satu metode ilmiah dimaksud adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP), yaitu suatu metode yang sudah dikenal dan banyak digunakan dalam bidang pengambilan keputusan dan manajemen.