ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU SALURAN DRAINASE BATU KALI DENGAN BETON READYMIX DAN BETON PRACETAK PADA RUAS JALAN BOYOLANGU – CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG

Main Article Content

Saddam Al Akbar Al Satria
Kustamar
Lies Kurniawati Wulandari

Abstract

Ruas Jalan Boyolangu - Campurdarat merupakan jalur utama menuju ke destinasi kawasan wisata di pesisir selatan kabupaten tulungagung, jalur ini saat musim hujan sering terjadi banjir dikarenakan saluran drainase tidak mampu menampung air hujan sehingga mengakibatkan air meluap dan menggenangi jalan. Selain itu kendaraan yang melintas memperlambat lajunya yang menimbulkan kepadatan bahkan kemacetan lalu lintas, yang harus segera ditangani dengan normalisasi saluran atau pembuatan saluran drainase baru. Metode alternatif jenis material pembuatan saluran drainase dibutuhkan untuk mempersingkat waktu pelaksanaan pekerjaan dan meminimalkan jumlah tenaga kerja. Salah satu jenis material pembuatan saluran drainase adalah dari beton readymix dan beton pracetak U-ditch. Perbedaan jenis material pembuat saluran ini dengan konvensional adalah pembuatanya dilakukan secara pabrikasi, yang pelaksanaanya di lokasi pekerjaan tinggal dipasang dan tidak membutuhkan waktu yang lama, sehingga tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas yang berkepanjangan.


Berdasarkan hasil perhitungan saluran drainase dengan panjang 7.750 meter dengan jumlah tenaga kerja 200 orang/hari didapatkan biaya saluran drainase dengan batu kali Rp. 17.242.200.000,- dengan waktu pelaksanaan 393,78 hari, saluran drainase dengan beton readymix Rp. 20.896.325.000,- dengan waktu pelaksanaan 305,72 hari, saluran drainase dengan precast u-ditch Rp. 41.546.200.000,- dengan waktu pelaksanaan 164,6 hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles