open access

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman dan mengingat semakin meningkatnya volume lalu lintas kendaraan yang akan melewati Jembatan Langgaliru, maka perlu direncanakan alternatif struktur atas Jembatan Langgaliru dengan menggunakan balok girder prategang.Bentuk penampang balok girder yang digunakan pada perencanaan adalh balok girder tipe I. Pemberian tegangan dilakukan dengan metode Pasca Tarik (Post-Tensioning) dimana compressive force diinduksi ke dalam struktur beton dengan menggunakan high strength steel tendon yang dipasang dalam ducts embedded dalam beton. Tendon distressing setelah beton dicor dan dicuring sampai kuat tekan beton yang disyaratkan. Jumlah tendon yang digunakan 3 buah yang masing-masing tendon terdiri dari 15 untaian(strand).Tulangan Geser yang digunakan adalah D 19 – 250,penghubung geser yang digunakan adalah D 19 – 700,pulangan pecah ledak arah vertikal yang digunakan adalah D 10 – 550,tulangan pecah ledak arah horizontal yang digunakan adalah D 10 – 550, Tulangan Pecah Gumpal arah vertikal yang digunakan adalah D 36 – 60,tulangan pecah gumpal arah horizontal yang digunakan adalah D 36 – 240.