IMPLEMENTASI FSM (FINITE STATE MACHINE) PADA GAME MALIK LOOKS FOR THE HOLY BOOK

  • Adam Abiyu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: game development, FINITE STATE MACHINE

Abstrak

Perkembangan industri game telah menuntut pengembang untuk
menciptakan pengalaman bermain yang lebih mendalam. Dalam konteks ini,
penggunaan Finite State Machine (FSM) menjadi solusi yang populer dan efektif dalam
mengelola alur cerita serta pengembangan karakter yang lebih terstruktur. Artikel ini
bertujuan untuk mengulas konsep dasar FSM dan menggambarkan implementasinya
dalam game "Malik Looks for the Holy Book" sebagai sarana edukasi dan hiburan.
Penerapan FSM dalam game ini bertujuan untuk meningkatkan dinamika permainan
serta memberikan struktur yang jelas dalam perjalanan pemain. Abstrak ini akan
membahas secara detail konsep-konsep dasar FSM yang diterapkan dalam permainan,
menyoroti bagaimana penggunaan FSM dapat meningkatkan kualitas pengalaman
bermain bagi para pemain. Melalui analisis implementasi FSM pada permainan ini,
artikel ini menyajikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana kerangka kerja
FSM dapat digunakan untuk mengatur alur cerita, perilaku karakter, dan dinamika
permainan secara keseluruhan. Implementasi FSM dalam "Malik Looks for the Holy
Book" membawa dampak positif dalam menciptakan pengalaman bermain yang
terstruktur, dinamis, dan relevan dengan ekspektasi pemain modern.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-10-18
Bagian
Articles