FuSM Implementasi Metode Fuzzy State Machine untuk Mengoptimalkan Proses Pengambilan Keputusan dalam Game Verse Seeker

Jurnal Multimedia dan Game Teori

  • Nova Rahma UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: Maze Generator, Fuzzy State Machine, Kecerdasan Buatan, Non-Playable Character, Game Verse

Abstrak

Fuzzy State Machine (FuSM) menjadi dasar konseptual untuk meningkatkan pengambilan keputusan dalam game Verse Seeker, yang menggabungkan kecerdasan buatan dan karakter non-playable (NPC). Penelitian ini mengeksplorasi keterkaitan antara FSM, Maze Generator, Kecerdasan Buatan, dan integrasi Ayat Al-Qur’an, dengan pendekatan baru untuk mengoptimalkan perilaku NPC. Hipotesis menyatakan bahwa penambahan logika fuzzy pada model FSM meningkatkan adaptabilitas dan kualitas keputusan dalam lingkungan permainan yang kompleks. Metode penelitian melibatkan perancangan dan implementasi FSM hibrida dengan maze generator dan ayat-ayat Al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengambilan keputusan NPC, memberikan pengalaman bermain yang lebih mendalam dan dinamis. Penelitian ini berkontribusi pada sinergi antara kecerdasan buatan dan desain permainan, menunjukkan potensi aplikasi logika fuzzy dalam mempertajam interaksi dunia virtual. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menekankan efektivitas model yang diusulkan dalam mengoptimalkan pengambilan keputusan dalam Verse Seeker, membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut dalam permainan yang didukung kecerdasan buatan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-04-24
Bagian
Articles