Pengaruh Strategi Marketing Mix Dan Kualitas Layanan Terhadap Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Bengkel Sugali Nabire)

Main Article Content

Ali Waromi
Fuad Achmadi
Ida Bagus Suardika

Abstract

Bengkel adalah perusahaan yang memberikan jasa servis kendaraan kepada pelanggang membutuhkan
strategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Persaingan yang semakin ketat akan membuat para
pelaku bisnis menjadi lebih bergairah dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen. Tujuan dalam
penelitian adalah mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen,
pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen, pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas
konsumen pelanggan, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pelanggan dan
mengetahui besarnya pengaruh terhadap kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada
Bengkel Sugali Kabupaten Nabire, Teknik Pengumpulan dimulai dengan membuat model hubungan
antar konstruk, perancangan kuisioner dan penyebarannya dilanjutkan dengan pengolahan data dengan
menggunakan Software Amos Versi 20. dilanjutkan membaca hasil estimasi hubungan antar kosntruk.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatoris. Dengan adanya model tersebut maka penulis
melakukan penelitian dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian
yang di peroleh bahwa menunjukkan bahwa koefisien regresi dari strategi bauran pemasaran terhadap
kepuasan pelanggan bernilai 0,419 dengan C.R. sebesar 4,414 dan p-value <0,001 (lebih kecil dari
0,05), kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan bernilai 0,257 dengan C.R. sebesar 3,951 dan pvalue
<0,001 (lebih kecil dari 0,05), strategi bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan bernilai
0,215 dengan C.R. sebesar 3,127 dan p-value 0,002 (lebih kecil dari 0,05), kualitas layanan terhadap
loyalitas pelanggan bernilai 0,226 dengan C.R. sebesar 3,771 dan p-value <0,001 (lebih kecil dari
0,05), kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bernilai 0,408 dengan C.R. sebesar 6,548 dan
p-value <0,001 (lebih kecil dari 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi
marketing mix, kualitas layanan jika di tingkatkan akan memberikan kepuasan dan meningkat loyalitas
pelanggan.
Kata Kunci: Marketing Mix, Kualitas Layanan, Kepuasan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Waromi, A., Achmadi, F., & Bagus Suardika, I. (2015). Pengaruh Strategi Marketing Mix Dan Kualitas Layanan Terhadap Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Bengkel Sugali Nabire). JURNAL TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN INDUSTRI, 1(1), 9-14. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jtmi/article/view/122
Section
Articles