Rancangan Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Web Interaktif Terintegrasi Di Smk Negeri 1 Nabire

Main Article Content

Ignatius Endar N
Ellysa Nursanti
Fourry Handoko

Abstract

Salah satu akibat perkembangan teknologi informasi adalah kebutuhan akan adanya suatu sistem
informasi yang dapat menyampaikan informasi secara cepat, tepat dan lengkap dari perusahaan
atau instansi tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah maka dapat dirumuskan bagaimana
membangun sebuah sistem informasi sekolah berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk merancang
sebuah sistem informasi manajemen Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 1 Nabire yang interaktif dan
terintegrasi berbasis web. Metodelogi yang digunakan dalam perancangan sistem informasi ini
menggunakan metode pendekatan berorientasi objek, beberapa hal yang dilakukan antara lain melakukan
survei awal ke SMK Negeri 1 Nabire, kemudian merumuskan permasalah yang ada pada sekolah tersebut,
melakukan pengumpulan data, melakukan perancangan sistem, dan terakhir mengimplementasikan hasil
rancangan kedalam program menggunakan bahasa pemrograman PHP. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa penggunaan sistem informasi berbasis web menjadi sebuah revolusi publikasi dalam membuka
jangkauan informasi yang lebih luas lagi untuk menyampaikan berbagai jenis informasi mengenai sekolah
tersebut, menghilangkan batasan waktu, jarak dan tempat sebagai halangan bagi siswa, orang tua, guru dan
masyarakat yang ingin memperoleh informasi tentang sekolah. Pengembangan sebuah sistem informasi wajib
dilakukan, seiring terus berkembangnya teknologi informasi dan kebutuhan akan informasi serta
permasalahan yang semakin komplek di SMK Negeri 1 Nabire.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Endar NI., NursantiE., & HandokoF. (2015). Rancangan Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Web Interaktif Terintegrasi Di Smk Negeri 1 Nabire. JURNAL TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN INDUSTRI, 1(1), 53-59. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jtmi/article/view/146
Section
Articles