Pengembangan Desain Produk Teh Gelas Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Penjualan Di CV. Tirta Indo Megah

Main Article Content

Putu Verdika
Ellysa Nursanti
Thomas Priyasmanu

Abstract

Desain produk merupakan hal yang sangat penting dalam bidang manufaktur. Desain produk yang baik
akan dapat meningkatkan jumlah dan harga jual dari produk. Munculnya berbagai jenis produk
minuman menjadikan persaingan pasar semakin ketat dan membuat produsen saling berlomba untuk
memberikan desain yang terbaik untuk menarik perhatian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan desain kemasan dan mutu produk teh gelas yang sesuai dengan keinginan konsumen
yang diharapkan akan meningkatkan produktivitas usaha. House of Quality merupakan suatu kerangka
kerja atas pendekatan dalam mendesain manajemen yang dikenal sebagai Quality Function
Deployment yaitu suatu metode untuk perencanaan dan pengembangan produk yang terstruktur yang
memungkinkan team pengembangan untuk menentukan keinginan dan kebutuhan dengan jelas dan
kemudian mengevaluasi produk atau melayani dengan kemampuan yang secara sistematik dalam
pemenuhan keinginan pelanggan. Alat utama dari proses QFD adalah matriks, di mana hasil-hasilnya
dicapai melalui penggunaan tim antar-departemen/fungsional dengan mengumpulkan,
menginterprestasi, mendokumentasikan, dan memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Dari
hasil analisa diketahui bahwa pada pengembangan desain produk Teh Gelas Agro yang paling penting
diperbaiki seusai keinginan konsumen berdasarkan voice of customer adalah dengan membuat desain
kemasan sesuai varian rasa agar dapat menarik minat konsumen sehingga dapat meningkatkan
penjualan di CV. Tirta Indo Megah. Dari wawancara hasil usulan desain teh kemasan, diperoleh
ekspektasi peningkatan ketertarikan sebesar 60%, sehingga diharapkan terjadi peningkatan penjualan
teh tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
VerdikaP., NursantiE., & PriyasmanuT. (2016). Pengembangan Desain Produk Teh Gelas Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Penjualan Di CV. Tirta Indo Megah. JURNAL TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN INDUSTRI, 2(1), 10-14. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jtmi/article/view/156
Section
Articles