Strategi Pengembangan Pariwisata (Wisata Pantai Balekambang) Guna Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Malang

Main Article Content

M. Idris
Sutriyono
ST Salmia L.A.

Abstract

Kabupaten Malang memiliki sederetan pantai, salah satunya yang terdahulu adalah pantai Balekambang
dengan sejumlah fasilitasnya yang mengacu pada sapta pesona pariwisata. Peningkatan wisatawan
merupakan suatu harapan bagi pengelola (PD. Jasa Yasa) ini, dengan mencari strategi yang tepat dan
sesuai. Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah mengidentifikasi faktor pendorong/
pendukung dan penghambat pengembangan wisata di obyek wisata Pantai Balekambang. Dari hasil
penelitian analisis SWOT ditemukan faktor pendukung adalah kebersihan, keasrian lingkungan wisata.
Sedangkan faktor penghambat adalah kondisi beberapa fasilitas yang kurang terawat dan penataannya.
Faktor peluang adalah pantai wisata ini sebagai destinasi andalan kabupaten Malang. Perlu meningkat
promosi lewat teknologi informasi. Sedangkan yang menjadi ancaman yaitu faktor alam dan faktor tidak
tersedianya angkutan umum menuju lokasi ini. Dalam analisisnya ditemukan bahwa obyek (DTW) pantai
Balekambang pada sel V matrik IE yang berarti strateginya adalah Hold and Maintain (menjaga dan
mempertahankan) dan perlu ada pengembangan serta menata ulang sebagian fasilitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
M. Idris, Sutriyono, & ST Salmia L.A. (2016). Strategi Pengembangan Pariwisata (Wisata Pantai Balekambang) Guna Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Malang. JURNAL TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN INDUSTRI, 2(2), 1-6. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jtmi/article/view/164
Section
Articles