Implementasi Strategi Line Extension Berdasarkan Marketing Mix Dan Analisa SWOT Di PT. Velesia (Wisata Tas Rajut KABOKI)

Main Article Content

Sigit Arlandi Sukma Nugraha
Fuad Achmadi
Dhayal Gustopo

Abstract

Implementasi strategi line extension KABOKI didasarkan atas ekuitas merek, positioning, dan atribut
positif yang sudah terbangun kuat. Melalui hubungan variabel marketing mix terhadap line extension, dapat
dilakukan analisa SWOT untuk di implementasikan strategi line extension. Implementasi startegi
berdampak dalam memperkuat merek serta memperluas segmen baru melalui melalui produk yang
diciptakannya yaitu produk yang memiliki variasi warna dan dimensi sesuai persepsi konsumen. Hubungan
variabel marketing mix terhadap line extension dalam pengujian asumsi klasik regresi linier berganda
diketahui bahwa variabel produk, harga, dan tempat secara parsial memiliki pengaruh signifikan,
sedangkan promosi tidak memiliki pengaruh signifikan. Hasil temuan menunjukkan promosi tidak
berpengaruh signifikan dikarenakan, line extension secara simultan menjadi bagian dari promosi melalui
keragaman produk yang diciptakannya. Analisa SWOT menunjukkan bahwa faktor kekuatan meliputi;
kemudahan cara pembayaran, tempat parkir yang luas dan aman, desain, dan citra unik tas rajut memiliki
pengaruh 44.6 %. Faktor kelemahan meliputi: potonganharga, tingkatan level harga, keseragaman harga,
varian produk dan kualtas berjenjang memiliki pengaruh 55,4 %. Faktor peluang meliputi; outlet atau toko
resmi mudah dicari dan dikenali memiliki pengaruh 68.4 %. Faktor ancaman pada kondisi lalu-lintas
memiliki pengaruh 31.6 %. Hasil pengaruh pada variabel SWOT ditunjukkan dalam matriks internal-
eksternal (IE) pada posisi koordinat sel-1, kategori kuat dan tinggi dengan strategi berbasis pertumbuhan.
Dalam analisa demografis responden pada instrumen penelitian diketahui tiga kategori segmen konsumen
KABOKI yaitu; berdasarkan jenis kelamin, usia, dan profesi. Rumusan strategi line extension yang
dikembangkan adalah strategi yang berfokus kenyamanan berbelanja dengan penguatan brand berbasis
produk yang dikemas dengan kelompok varian, tingkatan kualitas, level harga, dan paket potongan, serta
bergerak secara simultan memasuki peluang perluasan pilihan dan inovasi dengan sasaran segmen
konsumen baru yang berkarakter jenis kelamin, usia, dan profesi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arlandi Sukma NugrahaS., AchmadiF., & GustopoD. (2016). Implementasi Strategi Line Extension Berdasarkan Marketing Mix Dan Analisa SWOT Di PT. Velesia (Wisata Tas Rajut KABOKI). JURNAL TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN INDUSTRI, 2(2), 23-28. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jtmi/article/view/168
Section
Articles