Pengukuran Kualitas Layanan Publik Studi di Kantor Desa Tunjungtirto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

Main Article Content

Ida Bagus Suardika
Nelly Budiharti
Ady Utomo

Abstract

Masyarakat desa Tunjungtirto kecamatan Singosari Kabupaten Malang, dalam melaksanakan aktivitas
kehidupan kesehariannya tidak terlepas dari layanan public yang diselenggarakan oleh kantor desa.
Penelitian ini melaporkan hasil evaluasi atas kualitas layanan kantor desa selaku penyelenggara
pemerintahan, bila dievaluasi oleh warga desa selaku konsumen dari kantor desa tersebut.
Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner yang diisi oleh Warga desa Tujungtirto
Kabupaten Malang. Kuesioner di bagikan kepada 85 responden yaitu warga desa yang sedang maupun
telah melaksanakan pengurusan administrasi di kantor desa tersebut.
Dari Pengujian validitas & reliabilitas Instrumen Servqual yang digunakan untuk mengevaluasi
kualitas layanan kantor desa tunjungtirto, diperoleh hasil dari ke dua puluh dua (22) item Parasuraman
tereduksi menjadi tujuh belas (17) item yang tepat digunakan sebagai pengukur kualitas layanan
pemerintah desa (layanan Publik).
Hasil Servqual gap menunjukan bahwa secara umum persepsi warga lebih tinggi dibandingkan
ekspektasinya. Hal tersebut bermakna bahwa warga menerima layanan pada skor berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bagus SuardikaI., BudihartiN., & UtomoA. (2018). Pengukuran Kualitas Layanan Publik Studi di Kantor Desa Tunjungtirto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. JURNAL TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN INDUSTRI, 4(1), 4-9. https://doi.org/10.36040/jtmi.v4i1.197
Section
Articles