Analisis Sistem Antrian Pada Proses Pelayanan Konsumen di Rumah Makan

Main Article Content

Hendra Nurjaya Al-Kholis
Ellysa Nursanti
Thomas Priyasmanu

Abstract

Antusias warga malang terhadap Rumah Makan sangat tinggi hal ini membuat Rumah Makan tidak
pernah sepi oleh pengunjung sehingga mengakibatkan antrian. Tujuan penelitian ini untuk
mengevaluasi kinerja sistem antrian stasiun pelayanan di Rumah Makan sehingga diperoleh penurunan
jumlah antrian konsumen. Metode yang digunakan adalah metode simulasi dengan software Arena
10.0 Pengamatan dilaksanakan pada jam 12.00-24.00 untuk mendapatkan data waktu antar kedatangan
dan waktu antar pelayanan. Pengukuran waktu menggunakan bantuan stopwatch. Berdasarkan hasil
analisa kondisi eksisting, nilai Queue Waiting Time berkisar antara 0-1027 detik, Queue Number
Inqueue berkisar antara 0-20 orang, Utilization berkisar antara 0.47%-1% dan Work In Process 1-21
orang. Berdasarkan hasil beberapa skenario yang telah dirancang dan dijalankan dengan bantuan
process analyzer software ARENA 10.0 dipilih skenario 2. Pada skenario 2 mengasumsikan
penambahan satu fasilitas stasiun pelayanan. Maka model antrian yang cocok adalah Multi Channel-
Single Phase (M/M/2) ; (FCFS) dimana terdapat fasilitas 2 stasiun pelayanan pada kondisi ramai jam
14.00-16.00, 18.00-22.00 dan jam 16.00-18.00 pada hari sabtu dan minggu. Penambahan stasiun,
dapat mmenurunkan antrian menjadi Queue Waiting Time berkisar antara 0-18 detik, nilai Queue
Number Inqueue 1 orang, nilai Utilization berkisar antara 0.37-0.68 % dan nilai Work In Process
berkisar antara 1-5. Sehingga dapat dikatakan bahwa skenario 2 menurunkan jumlah antrian 89 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurjaya Al-KholisH., NursantiE., & PriyasmanuT. (2018). Analisis Sistem Antrian Pada Proses Pelayanan Konsumen di Rumah Makan. JURNAL TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN INDUSTRI, 4(1), 14-19. https://doi.org/10.36040/jtmi.v4i1.202
Section
Articles