Identifikasi Permasalahan Penjualan Dengan Metode SWOT Pada UKM Gula Merah

Main Article Content

Lenny Herawati
Dayal Gustopo
Prima Vitasari

Abstract

Hasil produksi pada UKM ini adalah gula merah, dimana usaha kecil menengah seringkali menghadapi
berbagai kendala dalam menjalankan usahanya.Tak terkecuali usaha gula merah milik UKM bapak
Khoiru dimana usaha tersebut merubah produknya dari gula merah curah menjadi gula merah
cetak.Beberapa kendala tersebut seperti persaingan semakin ketat, perubahan teknologi menjadikan
permasalahan pada pemasaran produk gula merah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi
kondisi UKM saat ini .Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu pekerja bagian produksi dan
manajemen pada UKM. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu
pengambilan sampel anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada
dalam populasi tersebut, Sampel dalam penelitian ini adalah 113 orang dengan perincian 100 orang
konsumen dan 13 orang manajemen UKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi awal yaitu UKM pada kuadran 4, merupakan
situasi yang sangat tidak menguntungkan dimana UKM menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan
internal.Posisi ini membuktikan bahwa UKM lemah dan menghadapi tantangan besar. Dari hasil
identifikasi didapatkan angka nilai -171,6 untuk internal dan -133,65 untuk faktor eksternal. Nilai -
171,6 diperoleh dari jumlah total nilai strength dikurangi jumlah total nilai weakness, angka -171,6
diperoleh dari jumlah total nilai opportunitydikurangi dengan jumlah total nilai threat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HerawatiL., GustopoD., & VitasariP. (2020). Identifikasi Permasalahan Penjualan Dengan Metode SWOT Pada UKM Gula Merah. JURNAL TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN INDUSTRI, 6(1), 17-20. https://doi.org/10.36040/jtmi.v6i1.2625
Section
Articles