ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BAKAMLA MESSENGER MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

  • Hozairi Hozairi Teknik Informatika, Universitas Islam Madura
  • Luqmanul Hakiem Teknik Informatika, Universitas Islam Madura
  • Masdukil Makruf Teknik Informatika, Universitas Islam Madura

Abstract

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (BAKAMLA RI) memiliki tanggung jawab untuk memastikan keamanan di perairan wilayah Indonesia. Salah satu alat komunikasi yang digunakan BAKAMLA adalah Bakamla Messenger. Bakamla Messenger dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan komunikasi BAKAMLA dalam menjalankan tugasnya. Bakamla Messenger baru dikembangkan, oleh karena itu membutuhkan analisis untuk mengukur kinerja aplikasi melalui tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kuantatif melalui survei dan dirancangan dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction atau yang lebih dikenal dengan singkatan EUCS dengan menerapkan kelima standar variabel dimensinya yaitu (Content, Accuracy, Format, Ease of use, Timeliness). Proses pengumpulan data untuk penelitian ini melalui penyebaran survei yang telah dirancang sebelumnya menggunakan metode EUCS dan disebarkan melalui google form. Responden yang dipilih untuk mengisi survei yaitu pengguna Bakamla Messenger. Dengan total 50 responden, adapun hasil perhitungan rata-rata persentase variabel Content 86%, Accuracy 88%, Format 86%, Ease of use 88%, dan Timeliness 87% hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna tergolong tinggi dengan nilai rata-rata persentase melebihi 75% hal ini mendapatkan kesimpulan untuk mayoritas responden menjawab sangat puas. Karena pengukuran tingkat kepuasaan pengguna pada Bakamla Messenger membuahkan hasil pengukuran yang positif, maka dapat dianggap akan berdampak positif pada kinerja operasional BAKAMLA dalam menggunakan Bakamla Messenger.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-23
How to Cite
Hozairi, H., Hakiem, L. and Makruf, M. (2024) “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BAKAMLA MESSENGER MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)”, Jurnal Mnemonic, 7(2), pp. 266-272. doi: 10.36040/mnemonic.v7i2.10431.