ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BAKAMLA MESSENGER MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)
Abstract
Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (BAKAMLA RI) memiliki tanggung jawab untuk memastikan keamanan di perairan wilayah Indonesia. Salah satu alat komunikasi yang digunakan BAKAMLA adalah Bakamla Messenger. Bakamla Messenger dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan komunikasi BAKAMLA dalam menjalankan tugasnya. Bakamla Messenger baru dikembangkan, oleh karena itu membutuhkan analisis untuk mengukur kinerja aplikasi melalui tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kuantatif melalui survei dan dirancangan dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction atau yang lebih dikenal dengan singkatan EUCS dengan menerapkan kelima standar variabel dimensinya yaitu (Content, Accuracy, Format, Ease of use, Timeliness). Proses pengumpulan data untuk penelitian ini melalui penyebaran survei yang telah dirancang sebelumnya menggunakan metode EUCS dan disebarkan melalui google form. Responden yang dipilih untuk mengisi survei yaitu pengguna Bakamla Messenger. Dengan total 50 responden, adapun hasil perhitungan rata-rata persentase variabel Content 86%, Accuracy 88%, Format 86%, Ease of use 88%, dan Timeliness 87% hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna tergolong tinggi dengan nilai rata-rata persentase melebihi 75% hal ini mendapatkan kesimpulan untuk mayoritas responden menjawab sangat puas. Karena pengukuran tingkat kepuasaan pengguna pada Bakamla Messenger membuahkan hasil pengukuran yang positif, maka dapat dianggap akan berdampak positif pada kinerja operasional BAKAMLA dalam menggunakan Bakamla Messenger.
Downloads
Copyright (c) 2024 Jurnal Mnemonic
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.