MEMAHAMI PERILAKU PARTISIPASI ANGGOTA KOMUNITAS VIRTUAL PADA GRUP BELAJAR DI FACEBOOK DALAM PERSPEKTIF USABILITY

  • Sri Kustriyanti STT STIKMA Internasional Malang
Keywords: komunitas virtual, perilaku partisipasi, kualitas informasi, kualitas sistem, kemanfaatan, kegembiraan, rasa memiliki, usability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku partisipasi anggota komunitas virtual pada grup belajar di Facebook dalam perspektif usability. Jenis penelitian yang digunakan saat ini adalah explanation research dimana dilakukan pengujian terhadap sejumlah hipotesis yang diajukan. Kuesioner disebarkan secara online sehingga diperoleh 100 responden yang berasal dari anggota grup belajar di Facebook untuk diolah datanya dengan menggunakan SEM-PLS (software SmartPLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi dan sistem berpengaruh signifikan terhadap variabel kemanfaatan, kegembiraan dan rasa memiliki. Hal ini bermakna bahwa seseorang termotivasi untuk berpartisipasi dalam suatu grup belajar karena adanya kualitas informasi dan sistem yang memberi manfaat, kegembiraan dan rasa memiliki terhadap komunitas. Temuan lain membuktikan bahwa kemanfaatan dan rasa memiliki mempengaruhi niat seseorang untuk terus berpartisipasi. Namun demikian, kegembiraan terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap niat terus berpartisipasi. Hal ini bermakna bahwa kegembiraan bukan faktor yang mempengaruhi anggota grup belajar di Facebook untuk terus berpartisipasi. Temuan ini membuktikan bahwa karakteristik komunitas virtual yang bertujuan belajar tidak mengutamakan faktor kegembiraan sebagaimana ditemukan dalam komunitas virtual yang bertujuan leisure time dan belanja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-01
How to Cite
KustriyantiS. (2018) “MEMAHAMI PERILAKU PARTISIPASI ANGGOTA KOMUNITAS VIRTUAL PADA GRUP BELAJAR DI FACEBOOK DALAM PERSPEKTIF USABILITY”, Jurnal Mnemonic, 1(1), pp. 38 - 42. doi: 10.36040/mnemonic.v1i1.18.