PENERAPAN APLIKASI ANTRIAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT PADA LINGKUNGAN KLINIK

  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Yosep Agus Pranoto
  • Moh. Miftakhur Rokhman Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Kartiko Ardi Widodo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Decision Support System (DSS), Weight Product (WP)

Abstract

Pelayanan yang baik merupakan hal yang sangat diinginkan oleh setiap pelanggan (customer) terlebih lagi pada bidang kesehatan. Pada bidang kesehatan, masyarakat sangat menghendaki pelayanan yang cepat dan tepat karena sesungguhnya bidang ini berhubungan langsung dengan keselamatan seseorang. Pelayanan yang lambat dan penanganan yang kurang tepat dapat berakibat fatal sampai meninggalnya seorang pasien. Pasien yang datang ke klinik atau rumah sakit sangat banyak dan beragam tingkat kegawatannya, oleh karena itu pada saat ini pihak klinik atau rumah sakit berlomba – lomba untuk memberikan pelayanan yang baik.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu permasalahan yang terjadi hampir di segala bidang kehidupan. Decision Support System (DSS) merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan pada bidang informatika yang bertujuan untuk mendukung pengambilan keputusan dari beberapa kriteria yang ada. Weight Product (WP) adalah salah satu metode yang ada pada DSS. WP memiliki struktur yang sederhana dan mudah untuk digunakan, karena pada prinsipnya metode ini hanya memberikan bobot pada tiap kriteria kemudian dilanjutkan dengan mengalikannya. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode WP ini dapat membantu pihak klinik ataupun rumah sakit dalam menentukan prioritas penanganan pasien secara cepat dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-01
How to Cite
WibowoS. A., Agus PranotoY., RokhmanM. M. and WidodoK. A. (2020) “PENERAPAN APLIKASI ANTRIAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT PADA LINGKUNGAN KLINIK”, Jurnal Mnemonic, 3(1), pp. 11 - 16. doi: 10.36040/mnemonic.v3i1.2358.