PENGEMBANGAN APLIKASI SMART-BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK BERBASIS AR (AUGMENTED REALITY)

  • Eri Sasmita Susanto Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa
  • Fahri Hamdani Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa
  • Fikri Nuryansah Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa
  • Nabila Oper Teknik Informatika, Institut Teknologi & Bisnis Stikom Ambon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Smart-Book sebagai media pembelajaran bahasa Inggris anak Berbasis AR (Augmneted Reality) agar dapat dimanfaatkan oleh orangtua dan guru untuk mengajari dan membiasakan anak dalam berbahasa Inggris dengan metode belajar yang asik. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode gabungan dari kualitatif dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, studi Pustaka dan kuesioner, serta menggunakan metode prototype sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Aplikasi Smart-Book sebagai media pemebelajaran bahasa Inggris anak berbasis AR dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman C# dan tools yang digunakan untuk mengembangan aplikasi ini adalah Unity Engine dan Vuforia sebagai SDK Augmented Reality sedangkan metode pengujian yang di lakukan adalah dengan pengujian black box testing dan pengujian beta testing. Berdasarkan hasil pengujian menunjukan bahwa aplikasi Smart-Book dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris anak dimana dari 100 responden yang telah mengisi kuesioner diperoleh hasil 35% responden sangat setuju dan 61% responden setuju bahwa Fitur aplikasi Smart-Book sesuai sebagai media belajar bahasa Inggris anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-01
How to Cite
SusantoE. S., HamdaniF., NuryansahF. and OperN. (2022) “PENGEMBANGAN APLIKASI SMART-BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK BERBASIS AR (AUGMENTED REALITY)”, Jurnal Mnemonic, 5(1), pp. 64 - 71. doi: 10.36040/mnemonic.v5i1.4438.