MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH ADAT BERBASIS AUGMENTED REALITY METODE SIMULTANEOUS LOCALIZATION AND MAPPING

  • Mukhamad Ainun najib Universitas merdeka Pasuruan
  • Dian Ahkam Sani Universitas merdeka Pasuruan
  • Moh. Zoqi Sarwani Universitas Merdeka Pasuruan

Abstract

Salah satu keanekaragamaan budaya yang harus dijaga dan dirawat oleh generasi penerus bangsa terutama dikalangan pelajar adalah rumah adat. Terutama bagi siswa MTS Al-husaini, Rumah adat yang memeliki keunikan pada bentuk arsitekturnya   menjadi materi pembelajaran. Namun media pembelajaran masih berupa buku sehingga kurang menarik minat siswa. Tujuan penerapan augmented reality pada media pembelajaran rumah adat adalah menyampaikan informasi dan meningkatkan minat belajar siswa. Dengan menampilkan 3d objek rumah adat menggunakan aplikasi. Metode simultaneous localization and mapping digunakan untuk mengembangkan aplikasi augmented reality yang penggunaannya tanpa marker sehingga memudahkan siswa dalam penggunaan. Aplikasi berhasil menampilkan 14 3d objek rumah adat dari 3 provinsi di pulau jawa yaitu Provinsi  Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah. Aplikasi menampilkan 4 menu yaitu  Mulai, Panduan ,Tentang dan Keluar, Serta 4 fitur yaitu Suara,Rotasi,Scale, dan Movement. Penlitian ini menunjukkan bahwa metode SLAM dapat diimplementasikan dengan baik pada media pembelajaran rumah adat berbasis augmented reality. Dan mampu meningkatkan minat siswa dalam belajar tentang budaya rumah adat ditunjukkan oleh hasil kuisoner yang diberikan kepada 21 siswa MTS Al-husaini kelas 8 sebesar 78,76% yang termasuk dalam kategori setuju dan hasil uji posttest dan pretest dengan n-gain score sebesar 56,17 yang dikategorikan cukup efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-17
How to Cite
Ainun najibM., Ahkam SaniD. and Zoqi SarwaniM. (2023) “MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH ADAT BERBASIS AUGMENTED REALITY METODE SIMULTANEOUS LOCALIZATION AND MAPPING”, Jurnal Mnemonic, 6(1), pp. 65-70. doi: 10.36040/mnemonic.v6i1.5356.