PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE PENGENALAN BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO)

  • Elma Nurul Azizah Sekolah tinggi teknologi wastukanca
  • Mochzen Gito Resmi Sekolah tinggi teknologi wastukanca
  • Syariful Alam Sekolah tinggi teknologi wastukanca
Keywords: BISINDO, Design Thinking, User Interface, Sysem Usability Scale

Abstract

Hak teman tuli yang masih sulit didapatkan adalah hidup mandiri serta terlibat dalam masyarakat,maka diperlukan kesadaran juga kemampuan masyarakat untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat. Dengan pekembangan teknologi terutama aplikasi mobile pembelajaran bahasa isyarat dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja juga oleh siapa saja.Faktor penting dari aplikasi mobile adalah user interface,karena aplikasi mobile harus memiliki unsur kenyaman dan kemudahan pada saat dioperasikan oleh pengguna. Metode design thinking digunakan dalam penelitian ini, metode ini diketahui sebagai satu cara berpikir mendalam untuk mewujudkan pemecahan masalah, diawali oleh tahap empati pada suatu permasalahan yang berfokus pada manusia (human centered) menghasilkan terobosan yang berkesinambungan dan didasari oleh permasalahan pengguna, dalam metode ini terdapat lima tahap yaitu Empathize,Define,Ideate,Prototype dan Test.Untuk melakukan pengujian atau test peneliti melakukan pengujian dengan metode system usability scale. Penelitian ini menghasilkan suatu prototype aplikasi mobile pengenalan bahasa isyarat indonesia (BISINDO) bernama "i can hear you" . Berdasarkan pengujian Prototype menggunakan metode System Usability Scale (SUS) . Rata-rata nilai sus yang didapatkan sebesar 80,045, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi pengenalan bahasa isyarat Indonesia (BISINDO) “I can hear you” memenuhi kategori acceptable.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-20
How to Cite
Nurul AzizahE., Gito ResmiM. and AlamS. (2023) “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE PENGENALAN BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO)”, Jurnal Mnemonic, 6(1), pp. 71-76. doi: 10.36040/mnemonic.v6i1.5711.