BUKU DIGITAL E-CULTURE BESEMAH LIBAGH KOTA PAGAR ALAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi digital book e-cultur besemah libagh dengan di latar belakangi oleh proses pencarian informasi yang belum efektif karna masyarakat harus datang lasung ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pemangku adat besemah dan situs kebudayaan untuk mendapatkan informasi. Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap pekembangan kebudayaan dan buku, lahirnya era globalisasi yang juga berdampak semakin terbukanya beragam budaya - budaya daerah secara global, buku yang dulu dicetak kini dibuat versi digital atau elektronik sehingga dapat diakses dengan perangkat komputer. Aplikasi digital book e-culture besemah libagh di bangun menggunakan sofware adobe photoshop CS 3 dan kvisoft flipbook maker, metode yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE dengan tahapan (Analysis & design, development, implantation, evaluation).Untuk mengukur kevalidan buku digital e-culture besemah libagh dilakukan uji alpha meliputi uji ahli media, uji desain, uji bahasa dan uji materi, dengan rata-rata hasil nilai uji ahli materei 4,6 sangat baik ,uji desain 3,6 baik, ahli media 4,2 sangat baik dan ahli bahasa 3,6 baik. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah digital book e-culture yang valid. Sistem ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah masyarakat untuk mencari informasi tentang kebudayaan besemah dengan cepat dan mudah.
Downloads
Copyright (c) 2024 Jurnal Mnemonic
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.