BUKU DIGITAL E-CULTURE BESEMAH LIBAGH KOTA PAGAR ALAM

  • Inda Anggraini Institut Teknologi Pagar Alam
  • Debi Gusmaliza Institut Teknologi Pagar Alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi digital book e-cultur besemah libagh dengan di latar belakangi oleh proses pencarian  informasi yang  belum efektif  karna  masyarakat harus datang lasung ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pemangku adat besemah dan situs kebudayaan untuk mendapatkan informasi. Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap pekembangan kebudayaan dan buku, lahirnya era globalisasi yang juga berdampak semakin terbukanya beragam budaya - budaya daerah secara global, buku yang dulu dicetak kini  dibuat versi digital atau elektronik sehingga dapat diakses dengan perangkat komputer. Aplikasi digital book e-culture besemah libagh di bangun menggunakan sofware adobe  photoshop CS 3 dan kvisoft flipbook maker, metode yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE dengan tahapan (Analysis & design, development, implantation, evaluation).Untuk mengukur kevalidan buku digital e-culture besemah libagh dilakukan uji alpha meliputi  uji ahli media, uji desain, uji bahasa dan uji materi, dengan rata-rata hasil  nilai uji ahli materei 4,6 sangat baik ,uji desain 3,6 baik, ahli media 4,2 sangat baik dan ahli bahasa 3,6 baik. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah  digital book e-culture  yang valid. Sistem  ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah masyarakat untuk mencari informasi  tentang kebudayaan besemah dengan cepat dan mudah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-05
How to Cite
Anggraini, I. and Gusmaliza, D. (2024) “BUKU DIGITAL E-CULTURE BESEMAH LIBAGH KOTA PAGAR ALAM”, Jurnal Mnemonic, 7(2), pp. 136-139. doi: 10.36040/mnemonic.v7i2.6983.