EVALUASI WEBSITE SEKOLAH MENENGAH ATAS DI PROPINSI JAWA TIMUR DENGAN PENDEKATAN EVALUASI BERBASIS KONTEN

  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Kartiko Ardi Widodo Teknik Elektro, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Moh. Miftakhur Rokhman Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: evaluasi, website, sekolah, Jawa Timur

Abstract

Semenjak ditemukanya internet sebagai salah satu media komunikasi dan informasi, website merupakan produk teknologi informasi yang terbilang paling populer, namun terkadang banyak website yang hadir tanpa kualitas yang bagus sehingga tidak dapat menyampaikan informasi yang dibawa. Kualitas sebuah website tentunya tergantung kepada pengujian dan pengawasan terhadap kualitas website itu sendiri, termasuk website sekolah-sekolah di Indonesia. Jawa Timur adalah salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki kuantitas dan kualitas pendidikan yang sangat baik baik ditingkat SD hingga SMA. Banyak sekolah di Jawa Timur yang masuk dalam Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional meskipun kemudian kebijakan ini tidak dilanjutkan oleh pemerintah.

Website bagi sekolah adalah sarana untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dan juga sarana komunikasi yang pada era sekarang sangat banyak digemari karena efektivitas dan efisiensi dari teknologi website tersebut. Namun masih banyak ditemukan bahwa kualitas dan kuantitas informasi yang ada didalam konten website sekolah yang belum sepenuhnya dioptimalkan. Penelitian ini menggunakan beberpa kelompok parameter konten yang digunakan untuk evaluasi website sekolah. Diantaranya adalah informasi kontak, admisi, pemberdayaan alumni, profil, dan media sosial.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah-sekolah yang ada di Jawa Timur sudah mulai menggunakan website sebagai sarana penyampaian informasi melalui media online. Namun berdasarkan parameter yang digunakan dalam penelitian ini, masih banyak ditemukan sekolah-sekolah yang belum mengoptimalkan website yang dimilikinya. Sebanyak 8,33% sekolah yang benar-benar memanfaatkan konten informasi kontak yang jelas dan lengkap dalam websitenya, 2,98% sekolah yang menyertakan informasi admisi, 7,15% yang menampilkan profil alumni serta kegiatan alumni dalam websitenya, 27,68% yang secara detail menyampaikan profil sekolah, serta hanya 2,08% yang memanfaatkan tautan media sosial dalam website sekolahnya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02