PERANCANGAN DESIGN UI/UX PADA APLIKASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

  • Kayla Nur Saffanah Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rian Andrian Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin pesat telah berdampak pada revolusi industri 4.0 secara berkelanjutan tanpa disadari. Perkembangan teknologi menuntut suatu organisasi untuk melakukan transformasi digital dalam segala bidangnya. Transformasi digital ini menciptakan permulaan untuk mencari cara yang lebih efektif dan efisien dalam menggantikan proses lama pada berbagai kegiatan. Mengingat keadaan saat ini, hanya dengan mengandalkan pendekatan tradisional menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi tidak efektif dan bahkan akan berdampak pada ekonomi masyarakat karena dapat berpotensi mahal. Penerapan teknologi dalam bidang pendidikan dapat membantu mengatasi dan membuat krisis saat ini lebih mudah dihadapi. E-learning atau Learning Management System (LMS) merupakan salah satu transformasi digital di dunia pendidikan saat ini. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti membuat perancangan design UI/UX pada aplikasi Learning Management System agar dapat meningkatkan efektivitas dan kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode design thinking, dengan metode pengumpulan data wawancara, dan menggunakan metode pengujian System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian memperoleh nilai akhir rata-rata yaitu 81 dengan kategori B atau excellent.  Artinya seluru design telah berfungsi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-27
How to Cite
Nur SaffanahK. and AndrianR. (2024) “PERANCANGAN DESIGN UI/UX PADA APLIKASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING”, Jurnal Mnemonic, 7(1), pp. 23-30. doi: 10.36040/mnemonic.v7i1.8474.