ANALISIS TREN CALON PRESIDEN INDONESIA 2024

  • Fakhris Khusnu Reza Mahfud UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Wahyu Hariyanto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ganis Chandra Puspitadewi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: opinion mining, twitter, naïve bayes

Abstrak

Pemilihan umum merupakan agenda lima tahunan bagi masyarakat Indonesia. Pada masa pencalonan ini para calon presiden dan wakil presiden melakukan kampanye secara konvensional maupun modern. Kampanye secara modern dilakukan pada media sosial salah satunya twitter. Salah satu hasil kampanye tersebut akhirnya akan membentuk opini publik tentang popularitas calon presiden dan wakil presiden yang berasal dari media sosial twitter juga. Data yang tidak terstruktur dan tingginya dimensi menjadi tantangan dalam penelitian ini. Penelitian ini dimulai dengan studi literatur, identifikasi permasalahan, pengumpulan data berupa scrapping pada twitter, pengolahan dan analisis data, serta langkah terakhir penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh sebanyak  sebanyak 2298 tweet, yang dibagi menjadi 80% data latih dan 20% data uji. Pada tahapan pengolahan data penelitian ini menggunakan klasifikasi Naïve Bayes untuk membentuk model klasifikasi, berdasarkan model tersebut diperoleh nilai akurasi 83%, presisi 84%, dan recall 83%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-03-23