EVALUASI USER EXPERIENCE PADA WEBSITE PROGRAM STUDI PERPUSTAKAAN DAN ILMU INFORMASI UIN MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

  • Fiki Shabri Irawan UIN MALANG
  • Firdy Azhar Basthomi
  • Muhammad Nurul Qolbi
  • Achmad Fikri Mubarak

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengalaman pengguna atau user experience pada website Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi UIN Malang dengan merujuk pada dimensi dalam User Experience Questionnaire (UEQ). Penelitian dilakukan dengan metode kuesioner UEQ. Pengumpulan data selama seminggu dengan sampel 97 mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang yang sudah pernah membuka website prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi UIN Malang. Hasil evaluasi UX menunjukkan nilai rata-rata positif di dimensi daya tarik (1,20), kejelasan (1,46), efisiensi (1,16), ketepatan (1,11) dan stimulasi (0,89). Namun dimensi kebaruan mendapat nilai negatif (0,60). Analisis benchmark menunjukkan dimensi daya tarik, kejelasan dan efisiensi berada di atas rata-rata, sementara dimensi ketepatan, stimulasi dan kebaruan di bawah rata-rata. Kesimpulannya, website Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi UIN Malang secara umum memiliki pengalaman pengguna yang positif, namun perlu ditingkatkan terutama dalam hal kebaruan. Peneliti menyarankan penelitian lebih lanjut dengan metode wawancara atau pernyataan terbuka serta menambah sampel untuk keakuratan data. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mengrmbangkan website Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi yang lebih baik di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-29
How to Cite
Shabri IrawanF., Azhar BasthomiF., Nurul QolbiM. and Fikri MubarakA. (2024) “EVALUASI USER EXPERIENCE PADA WEBSITE PROGRAM STUDI PERPUSTAKAAN DAN ILMU INFORMASI UIN MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE”, Jurnal Mnemonic, 7(1), pp. 99-107. doi: 10.36040/mnemonic.v7i1.8874.