PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK KOPI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMASARAN DENGAN BERORIENTASI PADA PELANGGAN

  • Ary Permatadeny. N Teknik Industri, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Johan Andi Teknik Industri, Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: kopi, perancangan, kualitas, house of quality .

Abstract

Sebagai salah satu minuman tradisional dan dikenal sejak jaman dahulu, minuman kopi tidak akan pernah ditinggalkan. Pemilik branding kopi "Kopiku Ae" berusaha mengembangkan citarasa yang berbeda. Diambil dari konsep baceman diharapkan bisa dikenal masyarakat luas dan bisa bersaing di pasaran.
Perancangan dan pengembangan produk kopi "Kopiku Ae" dilakukan untuk bisa meningkatkan kualitas pemasaran produknya. Permasalahan yang dihadapi saat ini perlunya mengetahui atribut-atribut kebutuhan,
tingkat kepentingan dari masing-masing atribut, serta menentukan prioritas yang mungkin akan dikembangkan
berdasarkan respon teknik, merencanakan beberapa konsep perancangan dan pengembangan, dan pilihan
alternatif pemasaran yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Metodologi yang diambil adalah pendekatan
metode kreativ dengan kuesioner yang akan digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas. Quality
Function Deploymen (QFD) digunakan untuk menterjemahkan kebutuhan konsumen ke dalam technical
requirement produk. Proses pengembangan produk dijabarkan ke dalam matrik House of Quality (HoQ)
menghasilkan beberapa konsep yang ditunjukkan dalam morphologi chart. Hasil dari penelitian ini memberikan suatu alternatif konsep perencanaan dan pengembangan produk kopi "Kopiku Ae" bagi perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-25