ANALISA AERODINAMIK PENGARUH LANDING GEAR PADA PESAWAT UDARA NIR AWAK (PUNA) ALAP-ALAP
Abstract
PUNA Alap-alap adalah salah satu jenis pesawat udara nir awak yang sedang dikembangkan di indonesia, mempunyai landing gear dengan konfigurasi tricycle dan bersifat "fixed" (bukan retraced). salah satu, konsekuensinya implementasi landing gear jenis "fixed" adalah masalah gaya hambat (drag) yang ditimbulkannya. Gaya hambat yang besar harus dihindari oleh para perancang pesawat terbang, karena akan
boros bahan bakar pada saat beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
aerodinamik Landing Gear pada PUNA Alap-alap, terutama terhadap gaya hambat total (total drag). Metode
yang digunakan adalah dengan cara melakukan pengujian di wind tunnel terhadap model uji aerodinamik skala
1:1,26, kemudian dilakukan analisa data hasil pengujian. Pengukuran gaya dan momen aerodinamika
menggunakan external balance 6 komponen. Dari hasil pengukuran yang merepresentasikan kondisi pada saat terbang "cruise" , maka nilai koefisien gaya hambatannya adalah 0,0396 dan 0,0325 masing masing untuk kondisi "dengan" dan "tanpa" landing gear. ini berarti bahwa pengaruh dari landing gear terhadap gaya
hambat total adalah sebesar 17,93%, sedangkan biasanya adalah 5%. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan "fairing" untuk mengurangi gaya hambat akibat landing gear.