Perancangan Model Kognitif untuk Antarmuka Pengguna dalam Permainan Pembelajaran Bahasa Mandarin

  • Umi Rosyidah Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Acun Kardianawati Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: model kognitif, goms, antarmuka pengguna, permainan,bahasa Mandarin.

Abstract

Model Kognitif merupakan suatu model yang berhubungan dengan sistem interaktif yang memodelkan aspek pengguna, seperti pemahaman, pengetahuan, tujuan dan pemprosesan. Sebuah model harus dirancang sebaik mungkin sehingga dapat memberikan hasil yang terbaik. Model kognitif dapat merepresentasikan hirarki tugas dan tujuan pengguna. Antarmuka merupakan bagian yang langsung berhubungan dengan pengguna, yang menjadi media komunikasi secara langsung. Permainan Pembelajaran memerlukan antarmuka yang baik untuk dapat diterima oleh pengguna. Permainan pembelajaran bahasa Mandarin untuk pemula ini dirancang dengan menggunakan model kognitif GOMS untuk menentukan tujuan dan tugas yang harus dikerjakan, dan model KLM untuk melihat waktu tiap langkahnya. GOMS adalah model kognitif hirarki terstruktur yang terdiri dari goals, operator, methods dan selection/pilihan. Model KLM(keystroke Level model) merupakan GOMS tingkat terendah yang ekseskusinya untuk memprediksi waktu pada tahap berikutnya. Hasil dari penelitian ini adalah Model Antarmuka untuk Pembelajaran Bahasa Mandarin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02