ANALISA PELAYANAN JARINGAN INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN SERVICE QUALITY (STUDI KASUS PADA UPT-KOMPUTER POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA)

  • Suwarto Suwarto Politeknik Negeri Samarinda
  • Rohadi Rohadi Politeknik Negeri Samarinda
Keywords: pengguna jaringan internet, rasio perbaikan, service quality

Abstract

UPT-Komputer salah satu media yang menyediakan akses jaringan internet untuk pelanggan atau
pengguna jaringan internet yang ada di komplek kampus Politeknik Negeri Samarinda. Akses jaringan internet
dengan menggunakan bandwidth sebesar 90 Kbps untuk melayani sebanyak ±4500 orang pelanggan atau
pengguna jaringan internet yang terdaftar pada UPT-Komputer Politeknik Negeri Samarinda yang terdiri dari
pegawai (staf pengajar dan staf administrasi) dan Mahasiswa. Permasalahan yang terjadi adalah
ketidaknyamanan pelanggan selama menggunakan fasilitas internet. Untuk menyelesaikan permasalahan
kualitas pelayanan tersebut digunakan metode Servqual (service quality).Hasil kajian diperoleh bahwa
kebutuhan tingkat kepentingan layanan penggunaan jaringan internet adalah: Assurance (3,198), Emphaty
(3,024), Reliability (2,861), dan Responsiveness (2,694). Tangible (2,562). Adapun tingkat Gap secara
berurutan adalah: Tangible (-2,103). Responsiveness (-1,854), Reliability (-1,770), Emphaty (-1,547), dan
Assurance (-1,461). Hal ini berarti bahwa pengguna jaringan internet menaruh harapan yang sangat besar
akan pelayanan yang lebih baik dari pengelola jaringan internet. Kualitas layanan yang dirasakan oleh
pengguna jaringan internet sudah cukup baik karena berada pada interval -0,51 sampai dengan -2,00.
Berdasarkan rasio perbaikan yang diperoleh adalah sebesar 1,220 artinya bahwa sumber daya manusia dan
peralatan yang dimiliki perlu ditingkatkan untuk menunjang qualitas pelayanan kepada pengguna jaringan
internet di lembaga Politeknik Negeri Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-25