ANALISA EFEKTIVITAS SUDUT DEFLEKSI AILERON PADA PESAWAT UDARA NIR AWAK (PUNA) ALAP-ALAP

  • Gunawan Wijiatmoko TRIE, BBTA3, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Kawasan PUSPIPTEK Gedung 240
Keywords: gaya dan momen aerodinamika, external balance, sudut serang, wind tunnel test

Abstract

Fungsi utama aileron pada pesawat terbang adalah sebagai Lateral Control (rolling), dan terpasang
pada sayap kiri dan kanan dengan geometri yang identik. Efektivitas aileron merupakan suatu ukuran yang
menunjukkan seberapa bagus aileron yang membentuk sudut tertentu akan menghasilkan rolling moment yang
diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sudut defleksi yang paling efektif pada pesawat
PUNA Alap-alap, yaitu salah satu pesawat udara nir awak yang sedang dikembangkan oleh pemerintah
Indonesia. Metode yang digunakan adalah melalui pengujian di wind tunnel terhadap model uji aerodinamik
PUNA Alap-alap skala 1:1,26 dengan variasi sudut rolling dari 0 o hingga -25 o dengan interval -5 o , kemudian
dilakukan analisa terhadap data hasil pengujian. Pengukuran gaya dan momen aerodinamika menggunakan
external balance 6 komponen. Dari hasil pengukuran yang merepresentasikan kondisi pada saat terbang "cruise", dapat disimpulkan bahwa sudut defleksi aileron masih cukup efektif hingga -25 °C. penurunan efektivitas terjadi pada saat sudut serang mendekati "stall angel" untuk semua sudut defleksi aileron.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-25