ANALISA SERVICE EXCELLENT (PELAYANAN PRIMA) PADA PELAYANAN POSYANDU DESA SIDODADI LAWANG
Abstract
Posyandu Desa Sidodadi merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang berada di Desa Sidodadi, Kecamatan Lawang. Masalah yang dihadapi adalah petugas posyandu cenderung tidak memperhatikan pentingnya kepuasan masyarakat pada pelayanan yang diberikan sehingga masyarakat merasa tidak perlu untuk datang secara rutin ke posyandu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep service excellent dengan variabel kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action), dan tanggung jawab (accounttability) terhadap kepuasan masyarakat serta untuk mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada pelayanan posyandu Desa Sidodadi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Service Excellent dengan metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokesdastisitas dan uji linearitas), regresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi (R2), uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji T). Hasil penelitian ini adalah pada Uji T dan Uji F menunjukkan bahwa variabel Ability (X1), Attitude (X2), Appearance (X3), Attention (X4), Action (X5), dan Accountability (X6) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat baik secara parsial maupun simultan. Pada Uji Regresi Linier Berganda dapat diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada pelayanan posyandu Desa Sidodadi adalah variabel tanggung jawab (Accountability). Masing-masing variabel berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat karena masing-masing variabel mempunyai andil yang cukup penting dalam rangka untuk memenuhi harapan masyarakat terhadap pelayanan di Posyandu desa Sidodadi sehingga penting untuk diperhatikan setiap pelayanan yang diberikan.