PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PRODUK NESTLE PURE LIFE

  • Cindy Artika Nawa Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Esa Unggul

Abstrak

Di industri air mineral Indonesia, preferensi konsumen cenderung pada kemasan menarik dan harga terjangkau dibandingkan dengan produk berkualitas tinggi dengan harga tinggi. Fokus konsumen pada iklan di media massa memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini, dengan populasi pelanggan air mineral Nestle Pure Life, bertujuan mengidentifikasi pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Sampel sebanyak 110 responden diambil di Jakarta Barat dengan teknik purposive sampling dan metode analisis Structural Equation Model Partial Least Square. Hasil menunjukkan kualitas produk dan promosi berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Nestle Pure Life dapat meningkatkan preferensi konsumen dengan mempertahankan keunikan merek dan meningkatkan upaya promosi. Diharapkan konsumen semakin menyadari keunggulan Nestle Pure Life dibandingkan pesaingnya seperti Aqua melalui peningkatan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-03-22
Bagian
Articles