PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN ANALISIS SWOT UNTUK RENCANA PENGEMBANGAN UMKM BATIK LINTANG

  • Ivan Ardiansah Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Renny Septiari Teknik Industri, Institut Nasional Malang
  • Sony Haryanto Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstrak

UMKM Batik Lintang merupakan UMKM yang berfokus pada produksi batik tulis dan cap di Kabupaten Malang. UMKM memiliki berbagai keterbatasan yang menyebabkan pertumbuhannya lambat. Untuk mengembangkan bisnis batik khususnya batik tulis UMKM memerlukan strategi yang tepat agar dapat mempunyai daya saing terhadap kompetitornya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis model bisnis saat ini menggunakan Business Model Canvas dilanjutkan dengan analisis SWOT serta AHP untuk menentukan prioritas strategi dan menggunakan hasil analisis SWOT sebagai acuan pembuatan rencana pengembangan bisnis yang baru dengan Business Model Canvas. Hasil penelitian ini adalah alternatif strategi terbaik yang didapatkan adalah menambah tenaga kerja nonpembatik, yaitu administrasi dan penjahit, serta memaksimalkan pemasaran online. Alternatif strategi yang telah didapatkan akan diintegrasikan ke Business Model Canvas pada aspek Cost structure, Key Resource, Key Partner, Value proposition, Key Activities dan Customer segment. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan pengembangan bisnis oleh UMKM Batik Lintang.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-03-23
Bagian
Articles