Kualitas Pelayanan di Tinjau Dari Prestasi Akademik Mahasiswa Studi Kasus Pada Universitas Kadiri

Main Article Content

Imam Safi’i
Sutriyono
Fourry Handoko

Abstract

Perguruan tinggi mempunyai tujuan umum menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas serta
berdaya saing, salah satu ukuranya adalah tingkat prestasi akademik mahasiswa, hal tersebut tidak lepas
dari faktor–faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar mahasiswa diantaranya berasal dari
dalam (internal) yaitu fisik dan psikis serta dari luar (eksternal) yaitu lingkungan dan pelayanan. Faktor
pelayanan dinilai penting oleh Universitas Kadiri, karena dengan mengetahui kinerja kualitas
pelayanannya diharapkan mampu mempengaruhi kualitas lulusan sehingga memiliki kekuatan bersaing
yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penilaian mahasiswa terhadap
tingkat kinerja kualitas pelayanan di Universitas Kadiri serta pengaruhnya terhadap tingkat prestasi
akademik mahasiswa melalui aplikasi model Regresi Logistik Multinomial. Metode purposive
sampling, dengan 107 orang mahasiswa semester 6 di Universitas Kadiri sebagai responden. 25 atribut
kualitas pelayanan sebagai variabel independen dan tingkat prestasi akademik mahasiswa sebagai
variabel dependen. Dari hasil perhitungan total rata-rata tingkat kinerja kualitas pelayanan di
Universitas Kadiri dengan nilai 3.13 secara umum dirasa cukup oleh mahasiswa. Hasil Odds Ratio
menunjukkan saran perbaikan yang perlu dilakukan pada pelayanan adalah suasana belajar yang aktif
dan menyenangkan di kelas, pelayanan konsultasi di luar Kegiatan Belajar Mengajar, serta memberikan
motivasi sewaktu KBM & berorganisasi secara signifikan mampu mempengaruhi prestasi akademik
mahasiswa di Universitas Kadiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Safi’i, I., Sutriyono, & Handoko, F. (2015). Kualitas Pelayanan di Tinjau Dari Prestasi Akademik Mahasiswa Studi Kasus Pada Universitas Kadiri. JURNAL TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN INDUSTRI, 1(2), 22-27. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jtmi/article/view/151
Section
Articles