Simulasi Penjadwalan Teller PT Bank ABC Untuk Memangkas Waktu Tunggu Antrian Nasabah
Main Article Content
Abstract
Salah satu masalah yang sering muncul dalam industri perbankan ialah permasalahan mengenai waktu antrian.Antrian timbul ketika jumlah fasilitas pelayanan jasa lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah orang yang memerlukan pelayanan.Dalam penelitian ini PT. Bank ABC mencoba untuk menjadwalkan sistem antrian dengan mengubah jumlah loket pelayanan. Teknik data dilakukan dengan metode observasi yaitu pengumpulan data dengan mengamati secara langsung terhadap objek penelitian dan diolah menggunakan software ARENA. Data yang didapatkan, CustomerNumber in sejumlah(860, 863, 872, 875, 869) dannumber out sejumlah(832, 818, 820, 834, 817). Flow time (8.208, 15.306, 18.972, 13.608, 16.242) dan waiting time (5.39, 12.45, 16.14, 10.81, 13.40). Number waiting dalam jumlah orang (10, 23, 30, 20, 25).Didapatkan gambaran pemakaian waktu yang minimal dengan hasil yang cukup untuk setiap customer.Jumlah tellerefisien yang dibutuhkan pada sistem saat ini adalah cukup sebanyak 5 teller saja.