Analisis Pengaruh Citra dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Serta Implikasinya Pada Komunikasi Pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung

Isi Artikel Utama

Nugi Mohammad Nugraha
Asep Anwar
M. Sidik Priadana
Oktri Mohammad Firdaus

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di latarbelakangi bahwa komunikasi pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah
Kota Bandung belum optimal. Belum optimalnya komunikasi pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah
Kota Bandung tersebut, diduga karena kepuasan pasien yang masih rendah, dan rendahnya kepuasan
pasien diduga disebabkan oleh Citra dan Kualitas Layanan yang masih rendah. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode survei dan analisis kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah
simple random sampling. Analisa Data dengan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur (path
analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra berada pada kategori cukup baik, kualitas layanan
berada pada kategori cukup baik, kepuasan pasien berada pada kategori cukup baik, dan komunikasi
pemasaran berada pada kategori cukup baik. Pengaruh secara simultan citra, kualitas layanan terhadap
kepuasan pasienRumah Bersalin Fatimah Kota Bandung, adalah sebesar 59,9 sisanya sebesar 40,1 %
ditentukan oleh variabel lain. Pengaruh kepuasan pasien terhadap komunikasi pemasaran di Rumah
Bersalin Fatimah Kota Bandung adalah sebesar 71,2 % dan sisanya sebesar 28,8 % ditentukan oleh
variabel lain.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles