Ruang Publik Sebagai Fasilitas Edukasi di Masa Pandemi Pada Lingkungan Perumahan Ruang Publik Sebagai Fasilitas Edukasi di Masa Pandemi Pada Lingkungan Perumahan

Main Article Content

Bayu Teguh Ujianto
Amar Rizqi Afdholy
Muhammad Nelza Iqbal

Abstract

Fasilitas umum merupakan kebutuhan setiap individu dalam suatu lingkungan, salah satu nya adalah keberadaan ruang publik. Ruang publik yang dimaksud dalam lingkup ini berupa taman edukasi untuk masyarakat yang menggabungkan fungsi taman sebagai area resapan dan ruang terbuka hijau, dengan fungsi pendidikan untuk pengguna taman. Dalam masa pandemi saat ini, bentuk pembelajaran daring menjadi keharusan. Permasalahan pembelajaran daring yang menjadi sorotan saat ini adalah keterbatasan akses internet dan tidak adanya interaksi sosial anak-anak dengan teman sebayanya. Hal tersebut mendorong terciptanya taman edukasi yang mendukung perkembangan digital dan membangun rasa kecintaan anak terhadap lingkungan. Dalam proses perancangannya, akan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan partisipasi sosial (Participatory Action Research). Konsep dari perancangan ini mendapatkan hasil ruang terbuka publik yang memiliki konsep edukasi berbasis lingkungan. Terdapat tiga fasilitas yang menjadi sarana dan prasarana pada ruang terbuka publik ini, yaitu akses internet edukasi, ruang belajar bersama dan fasilitas penunjang edukasi.  Melalui tiga jenis solusi diatas diharapkan mampu merangkul semua pihak terkait untuk bekerjasama mewujudkan taman edukasi ini, agar dapat tercapai fungsi rancangan arsitektural yang dibutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles